Kamis, 09 September 2010

Rerncana Kerja Tahunan

RENCANA KERJA TAHUNAN SEKOLAH



SD ISLAM HASYIM ASY’ARI
KEC. WONODADI KAB. BLITAR
TAHUN 2010-2011



















DISUSUN OLEH
KELOMPOK KERJA
RENCANA KERJA TAHUNAN SEKOLAH





LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
HASYIM ASY’ARI
KECAMATAN WONODADI KABUPATEN BLITAR
2010



LEMBAR PENGESAHAN







Wonodadi , Juli 2010






Ketua Komite Kepala Sekolah





......................................... ZAENAL ABIDIN, SS. SPd.









Diketahui dan Disetujui
PENGURUS LEMBAGA PENDIDIKAN HASYIM ASY’ARI





H. AHMAD SYA’RONI





K A TA P E N G A N T A R

Bismillaahirrahmmaanirrahiim,

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, bahwa berkat Rahmat dan Hidayahnya Tim Kelompok Kerja Rencana Kerja Tahunan Sekolah dapat menyelesaikan penyusunannya.
Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) adalah suatu rencana Kerja sekolah yang dibuat antara pihak sekolah bersama komite sekolah yang bertujuan untuk memfasilitasi, menjembatani dan melengkapi yang di dalamnya membahas tentang rencana/program kerja tahunan sekolah, anggaran biaya dalam satu tahun tantangan suatu sekolah dalam mengembangkan mutunya dalam hal pembelajaran serta didalamnya dapat menunjang sarana dan prasarana sekolah.
RKTS ini disusun sebagai acuan dalam mempermudah evaluasi kerja Kepala Sekolah dalam satu tahun serta dapat dijadikan acuan dalam kegiatan sekolah.
RKTS ini, diharapkan menjadi RENSTRA sekolah jangka pendek untuk menunjang pencapaian mutu pembelajaran, serta peran komite bagi sekolah.




Wonodadi , Juli 2010
Kepala Sekolah



ZAENAL ABIDIN, SS. SPd.









DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB. I PENDAHUALAN
A. Tujuan dan mafaat RKTS
B. Landasan Hukum

BAB. II PROGRAM/KEGIATAN STRATEGIS
A. Visi Sekolah
B. Misi Sekolah
C. Tujuan Sekolah

BAB. III PROGRAM/KEGIATAN STRATEGIS
A. Sasaran
B. Program
C. Indikator Keberhasilan
D. Kegiatan
E. Penanggung Jawab

BAB. IV PROGRAM/KEGIATAN OPERASIONAL
A. Sasaran
B. Program
C. Indikator Keberhasilan
D. Kegiatan
E. Penanggung Jawab

BAB. V . JADWAL PROGRAM /KEGIATAN TAHUNAN

BAB. VI. RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH

BAB. VII. PENUTUP
Kesimpulan
Lampiran-lampiran

BAB I

P E N D A H U L U A N


A. TUJUAN DAN MANFAAT RKTS

Kita sadari bersama bahwa untuk mencapai hasil pendidikan yang baik diperlukan pengelolaan yang serus. Agar pengelolaan lembaga pendidikan ( Sekolah Dasar ) dapat berjalan dengan baik , maka perlu disusun Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS), yang tujuan dan anfaatnya adalah :

1. Sebagai petunjuk dan acuan kerja dewan sekolah
2. Sebagai pedoman oprasional sekolah
3. Untuk memfasilitasi aspirasi masyarakat
4. Sebagai alat evaluasi


B. LANDASAN HUKUM

Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) adalah pedoman sekolah dalam menyusun program tahunan yang mana landasan hukumnya sebagai berikut :

1. Undang – undan No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam pasal 8 dan pasal 48

2. Peraturan pemerintah No. 19 tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan dalam Pasal 49 dan pasal 53

3. Permendiknas No.19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan pendidikan dalam Angka 4a poin 1 dan 2

4. Kepmendiknas 129 a Tahun 2004 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan dalam 3.1





















BAB II
VISI,MISI DAN TUJUAN

Visi dan Misi adalah tujuan yang hendak di capai oleh sekolah baik sekarang maupun yang akan datang.

A. VISI SEKOLAH :
“TAMAN SANTRI”
Bertaqwa Dan Beriman, Menguasai Pengetahuan Dan Teknologi, Terampil, Kreatif, Inovatif dan Berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik.

B. MISI SEKOLAH :
1. Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran Agama dan Budaya Bangsa serta aplikasinya dalam kehidupan nyata
2. Menumbuhkan semangat keunggulan kepada semua warga sekolah
3. Menumbuhkan pribadi yang mandiri dan bertanggungjawab terhadap tugas
4. Menumbuhkan semangat kepedulian lingkungan sosial, fisik dan cultural
5. Mengembangkan potensi dan kreativitas warga sekolah yang unggul dan mampu bersaing.
6. Menumbuhkan kebiasaan membaca, menulis, dan menghasilkan karya tulis
7. Menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran dan pengelolaan sekolah
8. Melengkapi sarana dan prasarana pendukung pelajaran.
9. Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan lembaga terkait


C. TUJUAN :
1. Tercapainya implementasi Kurikulum KTSP dan pengembangan diri
2. Tercapainya peningkatan penggunaan model-model pembelajaran diluar KBM
3. Tercapainya peningkatan keterampilan menggunakan media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
4. Tercapainya peningkatan kemampuan guru menyusun silabus dan alat penilaian
5. Tercapainya peningkatan perolehan rata-rata ujian akhir nasional
6. Tercapainya peningkatan kedisiplinan dan ketertiban siswa
7. Tercapainya peningkatan kuantitas dan kwalitas fasilitas / sarana dilingkungan sekolah.
8. Tercapainya peningkatan jumlah lulusan yang diterima di jenjang pendidikan selanjutnya melalui jalur PMDK dan SMPB.
9. Tercapainya internalisasi akhlak dan budaya tatakrama kepada warga sekolah khisusnya siswa.
10. Tercapanya Peningkatan kerjasama dengan orangtua, masyarakat sekitar dan institusi lain.
11. Tercapainya pengembangan kwalitas siswa dalam olimpiade mapel, seni, olahraga, sosial dan beragama.
12. Terwujudnya lulusan lulusan yang ber-IMTAQ, menguasai IPTEK, mampu bersaing di era global serta terwujudnya pengembangan kreativitas siswa, keilmuan, seni, sosial, olahraga dan keagamaan.
13. Terlaksananya pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, menyenangkan dan bermakna.
14. Terwujudnya budaya belajar, membaca dan menulis
15. Tercapainya Pengembangan ICT
16. Terwujudnya manajemen sekolah yang partisipatif, transparan dan akuntabel.
17. Terwujudnya budaya jujur, ikhlas, sapa, senyum dan santun.
18. Terciptanya budaya disiplin, demokratis dan beretos kerja tinggi.
19. Terwujudnya hubungan yang harmonis antarwarga sekolah.
20. Terwujudnya pelayanan yang cepat, tepat dan memuaskan kepada masyarakat.
21. Terwujudnya kerjasama yang saling , menguntungkan dengan instansi lain.
22. Tercapainya Layanan Kesehatan Sekolah yang memadai
BAB III

PROGRAM / KEGIATAN STRATEGIS


Rencana kerja tahunan sekolah yang memuat Program Kegiatan Strategis tahun 2008-2009 yang terdiri dari Sasaran, Program , Indikator keberhasilan , Kegiatan ,dan Penanggungjawab.Maka dengan ini kami Tim Penyusun memformulasikannya Sebagai Berikut :

A. S A S A R A N

Dari sejumlah tantangan yang dirumuskan pada bab II maka dalam program Kegiatan sekolah selanjutnya akan ditetapkan beberapa sasaran, yaitu sebagai berikut :
1. Peningkatan Nilai Semua Mata Pelajaran
2. Peningkatan Profesionalisme guru
3. Penambahan Sarana Dan Prasarana
4. Pembelajaran Berbasis Multimedia
5. Terwujudmya Kerjasama Yang Harmonis Antar Guru Dan Orang Tua Siswa.

B. P R O G R A M

Dari sasaran yang dirumuskan diatas maka program sekolah yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut :
1. Program peningkatan mutu siswa melalui Kegiatan kompetensi guru (pelatihan)
2. Peningkatan kualitas mutu guru ( pegadaan komputer di ruang guru)
3. Peningkatan Sarana Pembelajaran ( pembelajaran berbasisi multimedia)
4. Sarana dan Prasarana ( perpustakaan)
5. Peran Serta Masyarakat ( pemberdayaan komite )


C. INDIKATOR KEBERHASILAN

1. Guru yang dilatih, semuanya memiliki kompetensi profesional dibidang masing-masing.
2. Peningkatan nilai rata-rata dari semua mata pelajaran
3. Terwujudnya pembelajaran berbasis multimedia
4. Komite sekolah yang solid dan mendukung program sekolah


D. K E G I A T A N

Dari indikator keberhasilan yang telah dirumuskan di atas maka kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh sekolah mencakup :
1. Pelatihan Profesionalisme Guru
2. Membuat Proposal Pengadaan Komputer
3. Membuat Proposal Pengadaan Pembelajaran Berbasis Multimedia
4. Membuat Proposal Pengadaan Perpustakaan
5. Re-Organisasi Komite

E. Penanggung jawab Program

Program Penanggung jawab
1. Pengembangan profesionalisme guru Kepala Sekolah dan Guru
2. Pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran Kepala Sekolah dan Co. kurikulum
3. Pembelajaran berbasis multimedia Kepala Sekolah, Co. ICT
4. Menumbuhkan kebiasaan membaca, menulis, dan menghasilkan karya tulis Kepala sekolah dan Co. perpus.
5. Pemberdayaan komite Kepala sekolah, komite













BAB IV

PROGRAM / KEGIATAN OPERASIONAL


Program kegiatan yang secara kontinu di lakukan sekolah berdasarkan kebutuhan tahunan dalam rangka meningkatakan kualiatas pendidikan dilingkungan sendiri.untuk itu kami uraikan sebagai berikut :



Sasaran Program Kegiatan Indikator Keberhasilan Penanggung jawab
Guru-guru serta kepala sekolah 1. Program Kegiatan Kompetensi Profesional Guru Pelatihan serta pemanfaatan KKG untuk meningkatkan kualitas guru. Semua guru mendapat pelatihan, 10 guru mengikuti KKG. Kepala Sekolah & Guru
Siswa dan Lulusan yang berkualitas 2. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Penggunaan Metoda Pembelajaran Yang Variatif ( PAIKEM), Semakin rendah siswa tinggal Kelas,Nilai UASBN meningkat Kepala Sekolah & Guru
Peningkatan kualitas guru 3. Peningkatan Sarana dan Prasarana (penambahan computer) Membuat Proposal penambahan computer. Semua guru mempunyai perangkat pembeljaran yang lengkap ( RPP dll) Kepala Sekolah & Guru
Peningkatan mutu siswa 4. Pembelajaran berbasis multimedia Membuat proposal pengadaan pembeljaran bebasis multimedia. Diterimanya siswa di sekolah-sekolah yang berkualitas unggul. Kepala Sekolah & Guru
Kepedulian masyarakat terhadap pendidikan semakin tinggi 5. Meningkatkan peran serta masyarakat dan komite sekolah Rapat orang tua siswa dengan komite sekolah yang teragendakan secara kontinu Banyaknya tawaran dari orang tua untuk membantu kegiatan di sekolah Kepala Sekolah & Guru serta Komite Sekolah









Penanggung Jawab Program

Program Penanggung jawab
1. Program Kegiatan Kompetensi Profesional Guru Kepala Sekolah
2. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kepala Sekolah dan CO. Kurikulum , Komite
3. Peningkatan Sarana dan Prasarana (penambahan computer) Pengurus, Kepala Sekolah ,dan Komite
4. Pembelajaran berbasis multimedia Pengurus, Kepala Sekolah ,dan Komite
5. Meningkatkan peran serta masyarakat dan komite sekolah Kepala Sekolah dan Komite
























BAB V

JADWAL PROGRAM / KEGIATAN TAHUNAN


Jadwal kegiatan program ini akan efektif apabila semua komponen yang terlibat dalam bidang pendidikan ikut sesuai dengan kapasitas masing – masing .

P R O G R A M 2010/2011
Semester I Semester II
Program Kegiatan Kompetensi Profesional Guru
1. Pelatihan kompetensi profesional guru 
2. Pelatihan guru penerapan PAKEM 
3. Pelatihan guru penguasaan metode pembelajaran 
4. Pelatihan guru pembuatan RPP 
5. Pelatihan assesmen ( penilaian ) bagi guru 
6. Pelatihan guru pembuatan PTK 
7. Pelatihan pembuatan media pembelajaran. 
8. Pelatihan terampil komputer untuk guru  
Peningkatan Kualitas Pembelajaran
9. Pembinaan guru oleh kepala sekolah dan pengawas tentang metoda pembelajaran dari kelas I s/d VI  
10. Pembinaan guru dalam penguasaan materi Evaluasi dari kelas I s/d VI di KKG  
11. Kunjungan kelas dan adanya kalender jadwal kunjungan yang tetap  
Peningkatan Sarana dan Prasarana
12. Penambahan komputer 
13. Pembelajaran berbasis multimedia 
Meningkatkan peran serta masyarakat dan komite sekolah
14. Re-oraganisasi komite 
15. Pemberdayaan komite  







BAB VI

RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS)

Rencana ini memuat anggaran secar garis besar dan mudah untuk di baca oleh stoholder pendidikan dalam upaya mengetahui berapa kekurangan dana yang dibutuhkan.
Pendapatan Belanja
No Uraian Jumlah No Uraian Jumlah
1 Bantuan+IURAN I Program Kegiatan
1.1 BOS 67.490.000 1. Pelatihan
1.2 SPP 122.400.000 2. Pengadaan Buku
1.3 Dana Sosial 3.400.000 3. Pembangunan RKB
1.4 Pengembangan siswa 17.000.000 4. Pengadaan Moubiler
1.5. Komputer 20.400.000 5.
Jumlah
II Dana Komite : II Belanja Barang & Jasa
Bantuan Masyarakat 1. Belanja Pegawai 142.776.000
2. Belanja Barang
3. Langganan Daya & Jasa 4.440.000
Jumlah
III Kegiatan Belajar
Mengajar (KBM)
1. Evaluasi
2. Kegiatan Rapat
3. Biaya Perjalanan Dinas
4. Belanja Pemeliharaan
5. Perayaan Hari Besar
III Lain-lain Jumlah
Donatur
Jumlah Jumlah


Blitar, Juli 2010

Kepala Sekolah




ZAENAL ABIDIN, SS. SPd.

Rincian Penggunaan Dana dalam 1 (Satu) Tahun

No. Program Kegiatan dan Operasional Satuan Total 1 Tahun
Vol Jumlah Biaya
A Program / Kegiatan
1. Pelatihan
1.1 Pelatihan kompetensi profesional guru 20.000 15 300.000
1.2 Pelatihan guru penerapan PAKEM 20.000 15 300.000
1.3 Pelatihan guru penguasaan metode pembelajaran 20.000 15 300.000
1.4 Pelatihan guru pembuatan RPP 20.000 15 300.000
1.5 Pelatihan assesmen ( penilaian ) bagi guru 20.000 15 300.000
1.6 Pelatihan guru pembuatan PTK 20.000 15 300.000
1.7 Pelatihan pembuatan media pembelajaran. 20.000 15 300.000
1.8 Pelatihan terampil komputer untuk guru 20.000 15 300.000
Total 2.100.000

2 Pengadaan Buku Teks
2.1 Matematika
2.2 Bahasa Indonesia
2.3 IPA
2.4 IPS
2.5 PPKn
dll

Total
3 Rehabilitasi Ruang Kelas
3.1 Ruang Kelas Baru
3.2 Rehab Sedang
3.1 Kursi meja murid
Total
B Kegiatan Operasional
1 Belanja Pegawai
1.1 Pegawai Tetap
1.2 Pegawai Tidak Tetap
Total

2 Belanja Barang/Jasa
2.1 Belanja ATK
2.2 Bahan Habis Pakai
Total

2.3 Langganan Daya dan Jasa
2.3.1 Listrik
2.3.2 Air
2.3.3 Telepon
Total


No Program /Kegiatan dan Oprasional Satuan Total 1 Tahun
Volume Jumlah Biaya
2.4 KBM
2.4.1 Tes Semester
2.4.2 UAS/UAN
2.4.3 Bimbel
Total
2.5 Kegiatan Rapat
2.5.1 Rapat Pembinaan
2.5.2 Rapat Semester
2.5.3 Rapat UN/US
2.5.4 Rapat Komite Sekolah
Total
2.6 PHBN / PHBI
2.6.1 Hardiknas
2.6.2 HUT RI
2.6.3 Hari Besar Lain
Total
Total

3 Biaya Perjalan Dinas
Total
4 Belanja Pemeliharaan
4.1 Pengecatan
4.2 Perbaikan Pintu (Jendela)
4.3 Perbaikan Atap Lantai
4.4 Perbaikan WC
4.5 Perbaikan Pagar Halaman
4.6 Pemeliharaan Taman
4.7 Pemeliharaan Komputer
Total

Total Program Kegiatan
Total Kegiatan Operasional
Total Keseluruhan


Perhitungan Surplus

PERHITUNGAN SURPLUS / DEFISIT DANA TUNAI : 2010/ 2011
Total Dana Yang Akan Diterima
Total Biaya Yang Akan Dikeluarkan (1)
Surplus (Defisit) Dana Tunai





BAB VI

P E N U T U P



Kesimpulan


Rencana Kerja Tahunan Sekolah ( RKTS ) SDI Hasyim Asy’ari kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar telah selesai disusun oleh Tim Kelompok Kerja RKTS, tentunya apa yang ada di dalamnya akan menjadi acuan sekolah untuk melangkah dalam rangka : 1. Peningkatan kualitas pembelajaran, 2. Meningkatkan jumlah siswa, 3. Melengkapi alat peraga dan media pembelajaran,4.. Meningkatkan kesejahtraan guru, 4. Menambah kekurangan sarana dan prasarana, 5. Meningkatkan peran serta Komite sekolah.
Semoga semua yang direncanakan ini mendapat dukungan dari semua pihak yang terkait serta mendapat lindungan dari Allah SWT. Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar