RENCANA KERJA TAHUNAN SEKOLAH

RENCANA KERJA TAHUNAN SEKOLAH

SD ISLAM HASYIM ASY’ARI
KEC. WONODADI KAB. BLITAR
TAHUN 2010-2011

DISUSUN OLEH
KELOMPOK KERJA
RENCANA KERJA TAHUNAN SEKOLAH

LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
HASYIM ASY’ARI
KECAMATAN WONODADI KABUPATEN BLITAR
2010


LEMBAR PENGESAHAN
Wonodadi , Juli 2010

Ketua Komite Kepala Sekolah


......................................... ZAENAL ABIDIN, SS. SPd.

Diketahui dan Disetujui
PENGURUS LEMBAGA PENDIDIKAN HASYIM ASY’ARI


H. AHMAD SYA’RONI


K A TA P E N G A N T A R

Bismillaahirrahmmaanirrahiim,

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, bahwa berkat Rahmat dan Hidayahnya Tim Kelompok Kerja Rencana Kerja Tahunan Sekolah dapat menyelesaikan penyusunannya.
Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) adalah suatu rencana Kerja sekolah yang dibuat antara pihak sekolah bersama komite sekolah yang bertujuan untuk memfasilitasi, menjembatani dan melengkapi yang di dalamnya membahas tentang rencana/program kerja tahunan sekolah, anggaran biaya dalam satu tahun tantangan suatu sekolah dalam mengembangkan mutunya dalam hal pembelajaran serta didalamnya dapat menunjang sarana dan prasarana sekolah.
RKTS ini disusun sebagai acuan dalam mempermudah evaluasi kerja Kepala Sekolah dalam satu tahun serta dapat dijadikan acuan dalam kegiatan sekolah.
RKTS ini, diharapkan menjadi RENSTRA sekolah jangka pendek untuk menunjang pencapaian mutu pembelajaran, serta peran komite bagi sekolah.

Wonodadi , Juli 2010
Kepala Sekolah



ZAENAL ABIDIN, SS. SPd.

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB. I PENDAHUALAN
A. Tujuan dan mafaat RKTS
B. Landasan Hukum

BAB. II VISI-MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
A. Visi Sekolah
B. Misi Sekolah
C. Tujuan Sekolah

BAB. III PROGRAM/KEGIATAN STRATEGIS
A. Sasaran
B. Program
C. Indikator Keberhasilan
D. Kegiatan
E. Penanggung Jawab

BAB. IV PROGRAM/KEGIATAN OPERASIONAL
A. Sasaran
B. Program
C. Indikator Keberhasilan
D. Kegiatan
E. Penanggung Jawab

BAB. V . JADWAL PROGRAM /KEGIATAN TAHUNAN

BAB. VI. RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH

BAB. VII. PENUTUP
Kesimpulan
Lampiran-lampiran

BAB I

P E N D A H U L U A N


A. TUJUAN DAN MANFAAT RKTS

Kita sadari bersama bahwa untuk mencapai hasil pendidikan yang baik diperlukan pengelolaan yang serius. Agar pengelolaan lembaga pendidikan ( Sekolah Dasar ) dapat berjalan dengan baik , maka perlu disusun Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS), yang tujuan dan manfaatnya adalah :

1. Sebagai petunjuk dan acuan kerja dewan sekolah
2. Sebagai pedoman oprasional sekolah
3. Untuk memfasilitasi aspirasi masyarakat
4. Sebagai alat evaluasi


B. LANDASAN HUKUM

Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) adalah pedoman sekolah dalam menyusun program tahunan yang mana landasan hukumnya sebagai berikut :

1. Undang – undan No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam pasal 8 dan pasal 48

2. Peraturan pemerintah No. 19 tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan dalam Pasal 49 dan pasal 53

3. Permendiknas No.19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan pendidikan dalam Angka 4a poin 1 dan 2

4. Kepmendiknas 129 a Tahun 2004 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan dalam 3.1


BAB II
VISI,MISI DAN TUJUAN

Visi dan Misi adalah tujuan yang hendak di capai oleh sekolah baik sekarang maupun yang akan datang.

A. VISI SEKOLAH :
“TAMAN SANTRI”
Bertaqwa Dan Beriman, Menguasai Pengetahuan Dan Teknologi, Terampil, Kreatif, Inovatif dan Berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik.

B. MISI SEKOLAH :
1. Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran Agama dan Budaya Bangsa serta aplikasinya dalam kehidupan nyata
2. Menumbuhkan semangat peningkatan mutu kepada semua warga sekolah
3. Menumbuhkan pribadi yang mandiri dan bertanggungjawab terhadap tugas
4. Menumbuhkan semangat kepedulian lingkungan sosial, fisik dan cultural
5. Mengembangkan potensi dan kreativitas warga sekolah yang bermutu dan mampu bersaing.
6. Menumbuhkan kebiasaan membaca, menulis, dan menghasilkan karya tulis
7. Menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran dan pengelolaan sekolah
8. Melengkapi sarana dan prasarana pendukung pelajaran.
9. Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan lembaga terkait


C. TUJUAN :
1. Tercapainya implementasi Kurikulum KTSP dan pengembangan diri
2. Tercapainya peningkatan penggunaan model-model pembelajaran diluar KBM
3. Tercapainya peningkatan keterampilan menggunakan media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
4. Tercapainya peningkatan kemampuan guru menyusun silabus dan alat penilaian
5. Tercapainya peningkatan perolehan rata-rata ujian akhir nasional
6. Tercapainya peningkatan kedisiplinan dan ketertiban siswa
7. Tercapainya peningkatan kuantitas dan kwalitas fasilitas / sarana dilingkungan sekolah.
8. Tercapainya peningkatan jumlah lulusan yang diterima di jenjang pendidikan selanjutnya melalui jalur PMDK dan SMPB.
9. Tercapainya internalisasi akhlak dan budaya tatakrama kepada warga sekolah khisusnya siswa.
10. Tercapanya Peningkatan kerjasama dengan orangtua, masyarakat sekitar dan institusi lain.
11. Tercapainya pengembangan kwalitas siswa dalam olimpiade mapel, seni, olahraga, sosial dan beragama.
12. Terwujudnya lulusan lulusan yang ber-IMTAQ, menguasai IPTEK, mampu bersaing di era global serta terwujudnya pengembangan kreativitas siswa, keilmuan, seni, sosial, olahraga dan keagamaan.
13. Terlaksananya pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, menyenangkan dan bermakna.
14. Terwujudnya budaya belajar, membaca dan menulis
15. Tercapainya Pengembangan ICT
16. Terwujudnya manajemen sekolah yang partisipatif, transparan dan akuntabel.
17. Terwujudnya budaya jujur, ikhlas, sapa, senyum dan santun.
18. Terciptanya budaya disiplin, demokratis dan beretos kerja tinggi.
19. Terwujudnya hubungan yang harmonis antarwarga sekolah.
20. Terwujudnya pelayanan yang cepat, tepat dan memuaskan kepada masyarakat.
21. Terwujudnya kerjasama yang saling , menguntungkan dengan instansi lain.
22. Tercapainya Layanan Kesehatan Sekolah yang memadai
BAB III

PROGRAM / KEGIATAN STRATEGIS


Rencana kerja tahunan sekolah yang memuat Program Kegiatan Strategis tahun 2008-2009 yang terdiri dari Sasaran, Program , Indikator keberhasilan , Kegiatan, dan Penanggungjawab. Maka dengan ini kami Tim Penyusun memformulasikannya Sebagai Berikut :

A. S A S A R A N

Dari sejumlah paparan yang di tulis pada bab II maka dalam program Kegiatan sekolah selanjutnya akan ditetapkan beberapa sasaran, yaitu sebagai berikut :
1. Peningkatan Nilai Semua Mata Pelajaran
2. Peningkatan Profesionalisme guru
3. Penambahan Sarana Dan Prasarana
4. Pembelajaran Berbasis Multimedia
5. Terwujudmya Kerjasama Yang Harmonis Antar Guru Dan Orang Tua Siswa.

B. P R O G R A M

Dari sasaran yang dirumuskan diatas maka program sekolah yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut :
1. Program peningkatan mutu siswa melalui Kegiatan peningkatan kompetensi siswa (bimbingan belajar, masuk jam ke-0 dan hari sabtu)
2. Program Peningkatan kualitas mutu guru ( pengadaandan komputer di ruang guru dan pelatihan komputer untuk guru)
3. Program pelengkapan sarana dan prasarana ( perpus dan extra)
4. Program pembelajaran berbasis multimedia.
5. Program pemberdayaan komite (Peran Serta Masyarakat)


C. INDIKATOR KEBERHASILAN

1. Peningkatan nilai rata-rata dari semua mata pelajaran
2. Guru yang dilatih, semuanya memiliki kompetensi profesional dibidang masing-masing.
3. Terwujudnya perpustakaan dan sarana penunjang kegiatan extrakulikuler.
4. Terwujudnya pembelajaran berbasis multimedia
5. Komite sekolah yang solid dan mendukung program sekolah

D. K E G I A T A N

Dari indikator keberhasilan yang telah dirumuskan di atas maka kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh sekolah mencakup :
1. Bimbingan belajar pada jam ke-0 dan hari sabtu.
2. Membuat Proposal Pengadaan Komputer
3. Membuat Proposal Pengadaan Perpustakaan dan sarana penunjang kegiatan extrakurikuler.
4. Membuat Proposal Pengadaan Pembelajaran Berbasis Multimedia
5. Re-Organisasi Komite

E. Penanggung jawab Program

Program Penanggung jawab
1. Bimbingan belajar tambahan untuk siswa kelas IV Kepala Sekolah dan Co. Mipa dan mapel.
2. Pelatihan peningkatan profesionalisme guru dan kualitas mutu guru Kepala Sekolah dan Co. kurikulum
3. Menumbuhkan kebiasaan membaca, menulis, dan menghasilkan karya tulis Kepala sekolah, Pustakawan, wali kelas dan guru.
4. Pembelajaran berbasis multimedia Kepala Sekolah, Co. ICT

5. Pemberdayaan komite Kepala sekolah, komite

BAB IV

PROGRAM / KEGIATAN OPERASIONAL


Program kegiatan yang secara kontinu di lakukan sekolah berdasarkan kebutuhan tahunan dalam rangka meningkatakan kualiatas pendidikan dilingkungan sendiri.untuk itu kami uraikan sebagai berikut :

Sasaran Program Kegiatan Indikator Keberhasilan Penanggung jawab
Siswa kelas IV 1. Program Kegiatan Bimbingan belajar tambahan Bimbingan belajar pada jam ke-0 dan hari sabtu. Peningkatan nilai rata-rata pada semua mata pelajaran khususnya materi UASBN Kepala Sekolah & Co. Kurikulum.
Peningkatan kualitas guru 2. Peningkatan Sarana dan Prasarana (penambahan computer) Membuat Proposal penambahan computer dan pelatihan komputer bagi guru. Semua guru mempunyai perangkat pembeljaran yang lengkap ( RPP dll) Kepala Sekolah & Guru
Menumbuhkan kebiasaan membaca, menulis, dan menghasilkan karya tulis 3. Program pengadaan perpus dan sudut baca kelas Pembuatan proposal pengadaan perpustakaan dan sudut baca kelas Terwujudnya perpustakaan dab susut baca kelas Kepala Sekolah, pusatakawan, wali kelas & Guru
Peningkatan mutu siswa 4. Pembelajaran berbasis multimedia Membuat proposal pengadaan pembeljaran bebasis multimedia. Diterimanya siswa di sekolah-sekolah yang berkualitas unggul.( RSBI) Kepala Sekolah & Guru
Kepedulian masyarakat terhadap pendidikan semakin tinggi 5. Meningkatkan peran serta masyarakat dan komite sekolah Rapat orang tua siswa dengan komite sekolah yang teragendakan secara kontinu Banyaknya tawaran dari orang tua untuk membantu kegiatan di sekolah Kepala Sekolah & Guru serta Komite Sekolah


Penanggung Jawab Program

Program Penanggung jawab
1. Bimbingan belajar tambahan untuk siswa kelas IV Kepala Sekolah dan Co. Mipa dan mapel.
2. Pelatihan peningkatan profesionalisme guru dan kualitas mutu guru Kepala Sekolah dan Co. kurikulum
3. Menumbuhkan kebiasaan membaca, menulis, dan menghasilkan karya tulis Kepala sekolah, pustakawan, wali kelas dan guru.
4. Pembelajaran berbasis multimedia Kepala Sekolah, Co. ICT

5. Pemberdayaan komite Kepala sekolah, komite



BAB V

JADWAL PROGRAM / KEGIATAN TAHUNAN

Jadwal kegiatan program ini akan efektif apabila semua komponen yang terlibat dalam bidang pendidikan ikut sesuai dengan kapasitas masing – masing .

P R O G R A M 2010/2011
Semester I Semester II
Program bimbingan belajar siswa
1. Masuk pada jam ke-0  
2. Masuk pada hari sabtu  
Program Kegiatan Kompetensi Profesional Guru
1. Pelatihan kompetensi profesional guru 
2. Pelatihan guru penerapan PAKEM 
3. Pelatihan guru penguasaan metode pembelajaran 
4. Pelatihan guru pembuatan RPP 
5. Pelatihan assesmen ( penilaian ) bagi guru 
6. Pelatihan guru pembuatan PTK 
7. Pelatihan pembuatan media pembelajaran. 
8. Pelatihan terampil komputer untuk guru  
Peningkatan Kualitas Pembelajaran
9. Pembinaan guru oleh kepala sekolah dan pengawas tentang metoda pembelajaran dari kelas I s/d VI  
10. Pembinaan guru dalam penguasaan materi Evaluasi dari kelas I s/d VI di KKG  
11. Kunjungan kelas dan adanya kalender jadwal kunjungan yang tetap  
Peningkatan Sarana dan Prasarana
12. Penambahan komputer di lab dan ruang guru 
13. Hot spot ( jaringan internet disekolah) 
14. Perpustakaan 
15. Sarana penunjang kegiatan extrakulikuler. 
Pembelajaran berbasis multimedia
16. Kunjungan ke sekolah yang sudah melaksanakan kegiatan pembelajran berbasis multimedia 
17. Pengadaan sarana ( LCD projector, komputer, dll) 
18. Pelatihan guru tentang pembelajaran berbasis multimedia.  
Meningkatkan peran serta masyarakat dan komite sekolah
19. Re-oraganisasi komite 
20. Pemberdayaan komite  


BAB VI

RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS)

Rencana ini memuat anggaran secar garis besar dan mudah untuk di baca oleh stoholder pendidikan dalam upaya mengetahui berapa kekurangan dana yang dibutuhkan.
RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS)

PENDAPATAN BELANJA
No Uraian Jumlah No Uraian Jumlah
A Bantuan+IURAN A Program Kegiatan
1.1 SPP Rp 122.400.000 1. Pelatihan Rp 1.800.000
1.2 DANA BOS Rp 67.490.000 2. Kegiatan extrakulikuler Rp 3.142.000
1.3 DANA SOSIAL Rp 3.400.000 3. Pengadaan Buku Rp 13.024.000
1.4 PENGEMBANGAN SISWA Rp 17.000.000 4. Penambahan komputer -
1.5 KOMPUTER Rp 20.400.000 5. Komputer ruang guru Rp 9.275.000
1.6 PRAMUKA Rp 3.360.000 6. Bel dan audio kelas Rp 5.537.000
1.7 OUT DOOR Rp 8.500.000
Jumlah Rp 32.778.000
B Dana Komite : B Kegiatan operational
Bantuan Masyarakat 1. Belanja Pegawai Rp 158.052.000
2. Belanja Barang dan Jasa Rp 12.000.000
3. Langganan Daya dan Jasa Rp 6.240.000
4. KBM Rp 21.000.000
5. Kegiatan Rapat Rp -
6. PHBN/PHBI Rp 3.500.000
7. Perjalanan Dinas Rp 1.800.000
8. Belanja Pemeliharaan Rp 6.200.000
C Lain-lain Rp 980.000
C Lain-lain Jumlah Rp 209.772.000
Donatur
Jumlah Rp 242.550.000 Jumlah Rp 242.550.000


Blitar, Juli 2010

Kepala Sekolah




ZAENAL ABIDIN, SS. SPd.







Rincian Penggunaan Dana dalam 1 (Satu) Tahun

No. Program Kegiatan dan Operasional Satuan Total 1 Tahun
Vol Jumlah Biaya
A Program / Kegiatan
1. Pelatihan
1.1 Pelatihan kompetensi profesional guru Rp 15.000 15 Rp 225.000
1.2 Pelatihan guru penerapan PAKEM Rp 15.000 15 Rp 225.000
1.3 Pelatihan guru penguasaan metode pembelajaran Rp 15.000 15 Rp 225.000
1.4 Pelatihan guru pembuatan RPP Rp 15.000 15 Rp 225.000
1.5 Pelatihan assesmen ( penilaian ) bagi guru Rp 15.000 15 Rp 225.000
1.6 Pelatihan guru pembuatan PTK Rp 15.000 15 Rp 225.000
1.7 Pelatihan pembuatan media pembelajaran. Rp 15.000 15 Rp 225.000
1.8 Pelatihan terampil komputer untuk guru Rp 15.000 15 Rp 225.000
Total Rp 1.800.000
2 Kegiatan extrakurikuler
2.1 Pramuka Rp 1.500.000 1 Rp 1.500.000
2.2 Sepak takrow Rp 520.000 1 Rp 520.000
2.3 Sepak bola Rp 660.000 1 Rp 660.000
2.4 KGLI dan Fesyen Rp 120.000 1 Rp 120.000
2.5 SBQ Rp 100.000 1 Rp 100.000
2.6 Melukis dan menggambar Rp 142.000 1 Rp 142.000
2.7 Pidato Rp 100.000 1 Rp 100.000
Total Rp 3.142.000
3 Pengadaan buku
3.1 BOS Buku Rp 15.000 352 Rp 5.280.000
3.2 Al-Amin Rp 5.000 352 Rp 1.760.000
3.1 PAKEM Rp 17.000 352 Rp 5.984.000
Total Rp 13.024.000
4 Pengadaan komputer
4.1 Ruang guru Rp 9.275.000 1 Rp 9.275.000
4.2 Laboratorium Rp 12.125.000 1
Total Rp 9.275.000
5 Pengadaan bel otomatis dan audio klas Rp 5.537.000 1 Rp 5.537.000
Total Rp 5.537.000
B Kegiatan Operasional
1 Belanja Pegawai
1.1 Seluruh Pegawai Rp 13.171.000 12 Rp 158.052.000
Total Rp 158.052.000

2 Belanja Barang/Jasa
2.1 Belanja ATK Rp 500.000 12 Rp 6.000.000
2.2 Bahan Habis Pakai Rp 500.000 12 Rp 6.000.000
Total Rp 12.000.000


3 Langganan Daya dan Jasa
3.1 Listrik Rp 150.000 12 Rp 1.800.000
3.2 Speedy Rp 220.000 12 Rp 2.640.000
3.3 Telepon Rp 150.000 12 Rp 1.800.000
Total Rp 6.240.000
4 KBM
4.1 Tes Semester Rp 3.750.000 4 Rp 15.000.000
4.2 UAS/UAN Rp 150.000 20 Rp 3.000.000
4.3 Bimbel Rp 250.000 12 Rp 3.000.000
Total Rp 21.000.000
5 Kegiatan Rapat
5.1 Rapat Pembinaan Rp - 12 Rp -
5.2 Rapat Semester Rp - 4 Rp -
5.3 Rapat UN/US Rp - 2 Rp -
5.4 Rapat Komite Sekolah Rp - 2 Rp -
Total Rp -
6 PHBN / PHBI
6.1 Hardiknas Rp 500.000 1 Rp 500.000
6.2 HUT RI Rp 500.000 1 Rp 500.000
6.3 Hari Besar Lain Rp 500.000 5 Rp 2.500.000
Total Rp 3.500.000
7 Biaya Perjalan Dinas Rp 150.000 12 Rp 1.800.000
Total Rp 1.800.000
8 Belanja Pemeliharaan
8.1 Pengecatan Rp 1.000.000 1 Rp 1.000.000
8.2 Perbaikan Pintu (Jendela) Rp 500.000 1 Rp 500.000
8.3 Perbaikan Atap Lantai Rp 2.000.000 1 Rp 2.000.000
8.4 Perbaikan WC Rp 500.000 1 Rp 500.000
8.5 Perbaikan Pagar Halaman Rp 500.000 1 Rp 500.000
8.6 Pemeliharaan Taman Rp 500.000 1 Rp 500.000
8.7 Pemeliharaan Komputer Rp 100.000 12 Rp 1.200.000
Total Rp 6.200.000
C LAIN-LAIN Rp 980.000 1 Rp 980.000

Total Program Kegiatan Rp 32.778.000
Total Kegiatan Operasional Rp 208.792.000
Lain-lain Rp 980.000
Total Keseluruhan Rp 242.550.000

PERHITUNGAN SURPLUS

PERHITUNGAN SURPLUS / DEFISIT DANA TUNAI : TAPEL 2010/2011
Total Dana Yang Akan Diterima Rp 242.550.000 1 Rp 242.550.000
Total Biaya Yang Akan Dikeluarkan (1) Rp 242.550.000 1 Rp 242.550.000
Surplus (Defisit) Dana Tunai -

Blitar, Juli 2010
Kepala Sekolah




ZAENAL ABIDIN, SS. SPd.
BAB VI

P E N U T U P



Kesimpulan


Rencana Kerja Tahunan Sekolah ( RKTS ) SDI Hasyim Asy’ari kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar telah selesai disusun oleh Tim Kelompok Kerja RKTS, tentunya apa yang ada di dalamnya akan menjadi acuan sekolah untuk melangkah dalam rangka : 1. Peningkatan kualitas pembelajaran, 2. Meningkatkan jumlah siswa, 3. Melengkapi alat peraga dan media pembelajaran,4.. Meningkatkan kesejahtraan guru, 4. Menambah kekurangan sarana dan prasarana, 5. Meningkatkan peran serta Komite sekolah.
Semoga semua yang direncanakan ini mendapat dukungan dari semua pihak yang terkait serta mendapat lindungan dari Allah SWT. Amin.


LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
SD ISLAM HASYIM ASY’ARI
JL.RAYA PIKATAN WONODADI BLITAR TELP.(0342) 551505


PEMBAGIAN TUGAS STRUKTURAL

Kepala Sekolah : ZAENAL ABIDIN,SS. SPd.
Koordinator Kurikulum : LAILI FAUZIA, SPdI.
Koordanator Kesiswaan : UMI ISRO’IN, SPd
Koordainator MIPA&MAPEL : WIWIT SUSANTI, SPd.
Koordinator BP/BK : NASIKATIN, SPdI.
Wali Kelas IA : CHOIRUN NIFATUS, SAg.
Wali Kelas IB : M. ISTIQLALIYAH, SAg.
Wali Kelas IIA : NIHAYATUL HIJRIYAH, SPd.
Wali Kelas IIB : LIFATUL LU’AWIYAH, SAg.
Wali Kelas IIIA : UMI SA’DIYAH, SAg.
Wali Kelas IIIB : HAMIM THOHARI, SPdI.
Wali Kelas VI A : RINA SADYANINGSIH, SPdI.
Wali Kelas VI B : M. YASKIN
Wali Kelas V : USWATUN NAFI’AH, SPdI.
Wali Kelas VI : FITA HUSNAH, SAg

DESKRIPSI TUGAS:
KEPALA SEKOLAH
1. Merumuskan tujuan dan sasaran-sasaran sekolah.
2. Mengevaluasi kinerja guru.
3. Mengevaluasi kinerja staf sekolah.
4. Menata dan menyediakan sumber-sumber organisasi sekolah.
5. Membangun dan menciptakan iklim psikologis yang baik antar komunitas sekolah.
6. Menjalin hubungan dan ketersentuhan kepedulian terhadap masyarakat.
7. Membuat perencanaan bersama staf dan komunitas sekolah.
8. Menyusun penjadwalan kerja.
9. Mengatur masalah-masalah pembukuan.
10. Melakukan negosiasi dengan pihak eksternal.
11. Memecahkan konflik antarsesama guru dan antarpihak pada komunitas sekolah.
12. Merima referal dari guru-guru dan staf sekolah untuk persoalan-persoalan yang tidak dapat mereka selesaikan.
13. Memotivasi guru dan karyawan untuk tampil optimal.
14. Melakukan fungsi supervisi pembelajaran atau pembinaan profesional
15. Melaksanakan kegiatan lain yang mendukung operasi sekolah.

KOORDINATOR KURIKULUM
1. Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan
2. Menyusun pembagian tugas dan jadwal mengajar
3. Mengatur penyusunan program pengajaran (program semester), program satuan pelajaran,dan persiapan mengajar dan penyesuaian kurikulum
4. Mengatur pelaksanaan program penilaian, kriteria kenaikan kelas, kriteria kelulusan dan laporan kemajuan belajar)
5. Mengatur pelaksanaan program perbaikan dan pengajaran
6. Mengatur pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar
7. Mengatur pengembangan MGMPP dan koordinator mata pelajaran
8. Mengatur mutasi siswa
9. Melakukan supervisi administrasi dan akademis
10. Menyususun laporan

KOORDINATOR KESISWAAN
1. Mengatur dan mengkoordinasikan pelaksanaan 7 K (keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kesehatan, dan kerindangan)
2. Mengatur pelaksanaan kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler
3. Mengatur jalannya upacara.
4. Mengatur program pesantren kilat
5. Menyusun dan mengatur pelaksanaan pemilihan siswa teladan sekolah
6. Menyeleksi calon untuk diusulkan mendapat beasiswa
7. Menyusun laporan

KOORDINATOR MIPA DAN MAPEL
1. Menyusun program persiapan olimpiade MIPA dan Mapel
2. Menyusun program persiapan UASBN
3. Mengatur pelaksanaan Bimbingan belajar dan les tambahan
4. Menyusun laporan

KOORDINATOR BIMBINGAN DAN KONSELING
Bimbingan dan konseling membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatansebagai berikut :
1. Penyusun program dan pelaksanaan bimbingan konseling
2. Kooardinasi dengan wali kelas dalam rangka mengatasi masalah yang dihadapi Siswa tentangkesulitan belajar
3. Memberikan layanan dan bimbingan kepada siswa agar lebih berprestasi dalam Kegiatan belajar
4. Memberikan saran dan pertimbangan kepada siswa dalam memperoleh gambaran tentang lanjutan pendidikan dan lapangan pekerjaan yang sesuai
5. Mengadakan penilaian pelaksanaan bimbingan dan konseling
6. Menyusun statistik hasil penilaian bimbingan dan konseling
7. Melaksanakan kegiatan analisis hasil evaluasi hasil belajar
8. Menyusun dan melaksanakan program tindak lanjut bimbingan dan konseling
9. Menyusun laporan pelaksanaan bimbingan konseling

WALI KELAS
Wali kelas membantu kepala sekolah dalam kegiata-kegiatan sebagai berikut :
A. Pengelolaan kelas
B. Penyelenggaraan administrasi kelas meliputi :
* Denah tempat duduk siswa
* Papan absensi siswa
* Daftar pelajaran kelas
* Daftar piket kelas
* Buku absensi siswa
* Buku pembelajaran/buku kelas
* Tata tertib siswa
C. Penyususnan pembuatan statistik bulanan siswa
D. Pengisian daftar kumpulan nilai siswa (legger)
E. Pembuatan catatan khusus tentang siswa
F. Pencatatan mutasi siwa
G. Pengisian buku laporan penilaian hasil belajar
H. Pembagian buku laporan penilaian hasil belajar


GURU
Guru bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan mempunyai tugas melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien.
Tugas dan tanggung jawab Guru meliputi :
A. Membuat perangkat pengajaran :
* Program tahunan/Semester
* Program satuan pelajaran
* Program rencana pengajaran
* Program mingguan guru
* LKS
B. Melaksanakan kegiatan pembelajaran
C. Melaksanakan kegiatan penilaian program belajar, ulangan harian,ulangan umum, ujian akhir
D. Melaksanakan analsisi hasil ulangan harian
E. Menyususn dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
F. Mengisi daftar nilai siswa
G. Melaksanakan kegiatan bimbingan (pengibasan-pengetahuan) kepada guru lain dalam proses belajar mengajar
H. Membuat alat pelajaran/ alat peraga
I. Menumbuh kebangkan sikap menghargai karya seni
J. Mengikuti kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum
K. Melaksanakan tugas tertentu di sekolah
L. Mengadakan pengembangan program pengajaran yang menjadi tanggung jawabnya
M.Menbuat catatan tentang kemajuan hasil belajar siswa
N. Mengisi dan meneliti daftar hadir siswa sebelum memulai pelajaran
O. Mengatur kebersihan ruang kelas
P. Mengumpulkan dan menghitung angka kredit untuk kenaikan kelas.

KEPALA TATA USAHA
Kepala tata usaha mempunyai tugas melaksanakan ketatausahaan sekolah dan bertanggung jawab kepada kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
1. Penyusun program kerja tata usaha sekolah
2. Pengelolaan keuangan sekolah
3. Pengurusan administrasi ketenagaan dan siswa
4. Pembinaan dan pengembangan karir pegawai tata usaha sekolah
5. Penyususnan administrasi perlengkapan sekolah
6. Penyusun dan penyajian data/statistik sekolah
7. Mengkoordinasi dan melaksanakan 7 K
8. Penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan pengurus ketatausahaan secara berkala

PUSTAKAWAN SEKOLAH
Pustakawan sekolah membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
1.Perencanaan pengadaan buku-buku/bahan pustaka/ media elektronika
2. Pengurusan pelayanan perpustakaan
3. Perencanaan pengembangan perpustakaan
4. Pemeliharaan dan perbaikan buku-buku/ bahan pustaka media elektronika
5. Inventarisasi dan mengadministrasian buku-buku dan bahan pustaka/ media elektronika
6. Melakukan layanan bagi siswa, guru dan tanaga kependidikan lainnya, serta masyarakat
7. Menyimpang buku-buku perpustakaan/ media elektronika
8. Menyusun tata tertib perpustakaan
9. Menyusun laopran kegiatan perpustakaan secara berkala


LABORAN
Pengelola laboratorium membantu kepala sekolah dalam kegiatan sebagai berikut :
1. Perencanaan pengadaan alat dan bahan laboratorium
2. Menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan laboratum
3. Mengatur penyimpanan dan daftar alat-alat laboratorium
4. Memelihara dan perbaikan alat-alat laboratorium
5. Inventarisasi dan pengadminstrasian peminjam alat-alat laboratorium
6. Menyususn laporan pelaksanaan kegiatan laboratoriun


TEKNISI MEDIA
Teknisis media membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegaiatan sebagai berikut
1. Merencanakan pengadaan alat-alat media
2. Menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan media
3. Menyusun program kegiatan teknisi media
4. Mengatur penyimpanan, pemiliharaan dan perbaikan alat-alat media
5. Inventarisasi dan pengadministrasian alat-alat media
6. Menyusun laporan pemanfaatan alat-alat media

LAYANAN TEKNIS DIBIDANG PERAMANAN/KEBUN (TUKANG KEBUN)
1. Mengusulkan keperluan alat perkebunan
2. Merencanakan distribusi, jenis dan pemilah tanaman
3. Memotong rumput
4. Menyiangi rumput liar
5. Memelihara dan memangkas tanaman
6. Memupuk tanaman
7. Memberantas hama penyakit tanaman
8. Menjaga kebersihan dan keindahan taman serta kerindangan
9. Merawat tanaman dan infrastrukturnya
10. Merawat dan memperbaiki peralatan kebun
11. Membuang sampah kebun dan lingkungan sekolah ke tempat sampah

11. LAYANAN TEKNIS DIBIDANG KEAMANAN (PENJAGA/SATPAM)
1. Mengisi buku catatan kejadian
2. Mengantar/memberi petunjuk tamu sekolah
3. Mengamankan pelaksanaan upacara, PBM, UAS dan rapat
4. Menjaga kebersihan pos jaga
5. Menjaga ketenangan dan keamanan siang dan malam
6. Merawat perawatan jaga malam
7. Melaoprkan kejadian secepatnya (bila ada).

Blitar, Juli 2010
Mengetahui
Pengurus Kepala Sekolah


H. AHMAD SYA’RONI ZAENAL ABIDIN, SS. SPd.