Senin, 01 Maret 2010

SEKOLAH UNGGUL

STRATEGI DAN ARAH PENGEMBANGAN SEKOLAH UNGGUL
Direktur Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional

Dimensi Leadership
Iklim & Atmosphere yang kondusif
Tujuan jelas, dapat dicapai, relevan
Guru berorientasi pengelolaan kelas yang baik
Inservice Training yang efektif untuk guru

Dimensi Pendukung
Konsensus terhadap nilai-nilai dan tujuan
Rencana stratejik dan koordinasi
Staf kunci yang berkelanjutan
Dukungan Dinas Pendidikan dan Pemda

TEMUAN PENELITIAN DALAM EFFECTIVENESS SCHOOL DI NEGARA BERKEMBANG: RATIO SIGNIFIKANSI TEMUAN TERHADAP JUMLAH PENELITIAN YANG DILAKSANAKAN

Percentage distribution of estimated effect of key resources on student performance, based on 376 production function estimates (United States)
Percentage distribution of estimated expenditure parameter coefficients from ninety-six education production function estimates (developing countries)
Effectiveness-enhancing conditions of schooling: results of five review studies
Comparison of traditional and constructivist instructional models
The most important conditions for enhancing teaching effectiveness
Eight Key Domains for Effective Teaching & Learning
Policy framework for improving the quality of teaching and learning

An Intellectual focus directed at helping students to use their minds well
Simple goals related to students mastering a limited number of skills and knowledge
Universal goals for all students in the school.
Personalization through decreasing the number of students teacher teaches.
Viewing the student-as-worker rather than passive receptor of information.
Student exhibitions that indicate a graps of knowledge and skill acquisition.
An attitude that stresses trust and decency
A Staff who are generalists first and specialists second.

Perubahan tidak dapat dicapai dengan cepat
Berbagai perubahan memerlukan persiapan yang serius sebelum waktu perubahan datang
Masa depan akan berbeda dengan saat ini
Lingkungan yang penuh ketidak pastian (Uncertainly)
Sumber daya perlu dimanfaatkan secara optimal dan berdasarkan skala prioritas

Model Kombinasi
Memperhatikan “Minimal Requirement” Anak didik yang akan diterima
Kualifikasi Guru
Kompetensi Guru
Sarana & Prasarana yang baik
Manajemen Sekolah yang efektif

Proses pembelajaran diselenggarakan sedemikian rupa sehingga terasa hidup, memotivasi, interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memberikan ruang yang cukup untuk berprakarsa, kreativitas, dan kemandirian peserta didik sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik peserta didik.
Dalam proses pembelajaran pendidikan memberikan keteladanan
Untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif & efisien setiap satuan pendidikan melakukan perencanaan, pelaksanaan, penilaian proses pembelajaran dan pengawasan yang baik.

Sekolah Unggul Mampu Menciptakan APA
Sekolah yang mampu memberikan layanan optimal kepada seluruh anak dgn berbagai perbedaan bakat, minat kebutuhan belajar
Sekolah mampu meningkatkan secara signifikan kapabilitas yang dimiliki anak didik menjadi aktualisasi diri yang memberikan kebanggaan
Sekolah yang mampu membangun karakter kepribadian yang kuat, kokoh dan mantap dalam diri siswa
Sekolah yang mampu memberdayakan sumber daya yang ada secara optimal dan efektif
Sekolah yang mampu mengembangkan networking yang luas kepada stakeholder
Sekolah yang mampu mewujudkan sekolah sebagai organisasi pembelajar
Sekolah yang renponsif terhadap perubahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar